Cara Memasang Indikator Baru di MT4

Ilustrasi IndikatorBagi trader pengguna MT4 berbasis windows sepertinya bisa lebih bernafas lega karena bebas berkreasi dibandingkan dengan pengguna MT4 versi android, hal ini dikarenakan MT4 berbasis windows menyediakan fasilitas sedemikian rupa, setidaknya antara lain: 1) diperbolehkan menambah indikator baru di luar indikator bawaan MT4, 2) menyimpan settingan chart yang sudah kita buat dalam bentuk template sehingga ketika kita membuka chart baru dengan pair baru, template tersebut bisa diterapkan dengan pola yang sama, 3) kemudahan menyisipkan drawing dalam berbagai bentuk, 4) bahkan mampu menyisipkan robot (expert advisor) bagi yang gemar menggunakan robot dalam tradingnya, 5) dan kemudahan-kemudahan lainnya.

Salah satu kemudahan MT4 berbasis windows terkait topik kita kali ini yaitu dapat diperbolehkan menambah indikator baru di luar indikator bawaan MT4. Berikut ini terdapat 7 (tujuh) cara sederhana dalam menambah indikator baru :

  • Siapkan file indikator baru untuk MT4. Simpan terlebih dahulu file indikator di hardisk. Idealnya terdapat 2 (dua) buah file, yaitu file yang berekstensi EX4 dan MQ4, MQ4 adalah file dasar yang dapat kita modifikasi melalui MQL Editor, jika kita memiliki file ini, kita bisa memodifikasi file tersebut sebelum dipakai, sedangkan EX4 adalah hasil kompilasi dari file MQ4 (indikator yang sudah jadi), jadi file ini tidak dapat dimodifikasi. MT4 menerima kedua file tersebut atau juga menerima salah satunya saja, jika kita hanya memiliki file MQ4, MQL Editor akan memprosesnya menjadi EX4 dan akan ditampilkan di MT4 setelah kita copy-kan di MQL Editor, jika kita hanya memiliki file EX4, file tersebut langsung tampil di MT4 setelah kita copy-kan di MQL Editor.
  • Copy kedua file tersebut. Dalam hal ini kita contohkan memiliki 2 (dua) buah file MQ4 dan EX4 yaitu indikator Daily Pivot Point. Caranya buka File Explorer, cari lokasi indikatornya, sorot kedua file tersebut dengan cara tekan control (ctrl) dan jangan dilepas, selanjutnya klik satu persatu kedua file tersebut, jika keduanya telah tersorot, kemudian lepas tombol ctrl, kemudian klik kanan dan copy. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Copy Indicator

  • Buka aplikasi MT4. Selanjutnya kita buka aplikasi MT4 terlebih dahulu, kemudian buka MQL Editor melalui klik Tools >> MetaQuotes Language Editor seperti ilustrasi berikut :

Open MQL Editor

  • Copy file indikator di MetaEditor. Ketika kita klik MetaQuotes Language Editor diatas, kita akan diarahkan ke aplikasi MetaEditor. Selanjutnya di Navigator sebelah kiri, sorot folder Indicators, kemudian klik kanan, dan klik Open Folder. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Open Indicator

  • Paste file indikator di folder Indicators MetaEditor. Ketika kita klik Open Folder Indicators di MetaEditor, Selanjutnya kita akan diarahkan ke folder tersebut. Ketika folder sudah terbuka, klik kanan di ruang yang kosong, kemudian paste. Jika kedua file indikator sudah ada, berarti file tersebut sudah tercopy. Selanjutnya aplikasi MetaEditor bisa ditutup. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Paste Indicator

  • Refresh folder Indicators di Navigator MT4. Setelah melakukan paste di folder Indicators di MetaEditor, selanjutnya kita kembali ke aplikasi MT4. Aktifkan Navigator dengan cara klik View >> Navigator, lalu di jendela Navigator sebelah kiri chart, klik kanan root Indicators dan pilih refresh. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Refresh Indicator

  • Insert indikator baru kita ke dalam Chart. Jika telah melakukan refresh di root Indicators diatas, maka berarti indikator baru kita sudah masuk di MT4. Selanjutnya coba cari indikator tersebut dengan cara Insert >> Indicators >> Custom >> Indikator baru kita. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Insert Indicator

Ilustrasi berikut adalah tampilan chart di MT4 setelah indikator baru terpasang.

Tampilan Indikator PP

Demikian cara memasang indikator baru di MT4, semoga bisa membantu.

Kembali ke Beranda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s