Cara Membuat Garis Pivot Point Harian

pivot-points-break-stopPada dasarnya, pergerakan harga suatu pair dalam sehari itu berangkat dari satu garis ke garis lainnya, ibarat dalam perjalanan bus umum, tiap hari berangkat dari satu terminal ke terminal lain atau apakah setelah sampai di satu terminal akan kembali lagi ke terminal sebelumnya. Selain melihat trend harian, konsep PP ini sangat penting diterapkan agar trading kita terarah dan terukur, misalnya pair EU, setiap hari setelah penutupan sesi Amerika jam 4 WIB, trend baru akan terbentuk dan garis-garis PP juga akan berubah dibandingkan hari sebelumnya.

Pada dasarnya, garis-garis PP terdiri dari 9 garis yaitu S4, S3, S2, S1, PP, R1, R2, R3, R4 (S adalah Support, PP adalah Pivot Point, R adalah Resistence), namun pada prakteknya hanya sering diterapkan 7 saja dimana S4 dan R4 jarang digunakan, hal ini dikarenakan dalam sehari jarang sekali harga suatu pair itu menyentuh S4 atau R4, kecuali jika ada berita fundamental yang sangat kuat dan mendorong harga ke garis tersebut. Sebelum menghitung garis PP, langkah pertama adalah mencari harga OHLC (Open High Low Close) suatu pair di hari sebelumnya, misalnya pair EU (eurusd) ketika kita trading di hari Selasa, kita terlebih dahulu harus mencari harga OHLC di hari Senen, ada banyak situs yang menyediakan data harian OHLC, misalnya situs investing, data harian OHLC pair EU bisa dicek disini. Usahakan untuk mengecek di siang hari menjelang sesi eropa karena di pagi hari, data OHLC hari sebelumnya sering berubah-ubah, perhatikan juga tanggalnya. Ilustrasi data OHLC harian dari website Investing seperti gambar berikut :

Contoh Data OHLC Harian

Setelah kita tahu harga OHLC harian, langkah selanjutnya adalah menghitung PP, ada 3 (tiga) cara dalam menghitung PP harian :

  • Menghitung secara manual dengan menggunakan rumus PP yang kita hitung di kertas atau melalui excel, atau secara sederhana terdapat situs web atau aplikasi android dalam menghitung PP (pivot point calculator), jika kita menghitung melalui situs web, contohnya bisa dicek disini, masukkan data harian OHLC, masukkan angka desimalnya (misalnya 5), pilih formulanya (misalnya classic) dan hitung (calculate), akhirnya angka-angka PP harian sudah kita miliki, selanjutnya buatlah garis-garis di MT4 kita berdasarkan angka-angka tersebut. Cara manual lain juga bisa dihitung dengan menggunakan aplikasi android di smartphone kita, aplikasi tersebut bisa dicari melalui playstore dengan keyword Pivot Point Calculator, jika sudah terinstall, masukkan data OHLC dan calculate, angka-angka PP harian sudah kita miliki, lakukan update data OHLC ini setiap hari. Ilustrasi Kalkulator PP seperti pada gambar berikut :

Contoh Pivot Calculator

  • Melihat hasil perhitungan PP secara otomatis dari suatu web atau aplikasi, ada situs atau aplikasi yang sudah menyediakan hasil perhitungan PP, misalnya situs investing bisa dicek disini (versi desktop, bukan versi mobile), atau di Fxstreet dan sebagainya. Namun kelemahannya, hasil perhitungannya kadang berubah-ubah, jadi kita perlu menggunakan secara hati-hati. Setelah kita mengetahui angka-angka PP harian, selanjutnya buatlah garis-garis di MT4 kita seperti yang telah dijelaskan di point 1 diatas. Ilustrasi hasil perhitungan PP harian dari website Investing seperti gambar berikut :

Contoh Hasil PP Website

  • Menggunakan indikator PP harian yang sudah jadi, jika kita trading menggunakan MT4 versi windows dengan perangkat komputer atau laptop, terdapat indikator PP yang bisa kita gunakan, indikator ini kita masukkan ke MT4 kita, cara memasangnya disini. Namun indikator ini tidak bisa dimasukkan ke MT4 versi android. Setiap pergantian hari (jam 4 pagi), garis-garis PP beserta angka-angkanya akan berubah sendiri tanpa kita hitung lagi secara manual. Ilustrasi indikator PP tambahan di MT4 versi windows seperti pada gambar berikut :

Contoh Indikator PP

Demikian cara membuat garis pivot point harian, semoga bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s