Cara Memasang Robot di MT4

robot with a computer and mouseBagi sebagian trader, menjalankan trading dengan cara manual terkadang dapat membuatnya jenuh karena perlu rutin memantau chart apalagi jika masih punya posisi yang terbuka tanpa pasang SL, bahkan terkadang dapat membuat kita gelisah terutama jika terlalu berani membuka posisi dengan lot yang besar padahal dananya pas-pasan. Hal ini karena trading forex dengan cara manual membutuhkan psikologi trading dan money management yang baik agar tidak salah dalam menentukan posisi dengan lot yang wajar. Ada cara trading yang dapat terbebas dari psikologi trading yaitu trading otomatis dengan cara memasang robot atau EA (expert advisor) di MT4 kita (yang versi windows).

Terdapat setidaknya 4 (empat) keungulan trading dengan menggunakan robot yaitu:

1) dapat terbebas dari psikologi trading terutama bagi trader yang masih baru mengasah kemampuan tradingnya, karena robot itu tidak mengenal psikologi trading, robot hanya mengacu pada faktor teknikal dan money management saja.

2) untuk robot yang menggunakan strategi martingale (pelipatgandaan lot), trader tidak perlu menghitung lagi berapa lot untuk OP (open position) yang kedua dan seterusnya ketika jarak pips (floating minus) antar OP mencapai angka tertentu.

3) untuk robot yang sudah dilengkapi money management, trader tidak perlu lagi menentukan kapan waktu yang tepat untuk membuka posisi lagi dan kapan berhenti membuka posisi ketika prosentase profit sudah terpenuhi.

4) robot juga dapat menentukan jam-jam trading jika terdapat fasilitas itu, jika jam sedang berada diluar yang ditetapkan, robot tidak akan membuka posisi apapun meskipun trend sedang bagus.

Namun terlepas dari keunggulan diatas, robot juga memiliki kelemahan. Setidaknya terdapat 4 (empat) kelemahan trading dengan menggunakan robot yaitu:

1) robot tidak dapat mengenali efek dari berita fundamental, efek fundamental yang menyebabkan trend kuat dapat menyebabkan trading kita cepat menjemput MC (margin call), untuk menghindari ini, jika robot sudah dilengkapi dengan sistem off trade di jam-jam tertentu tidak jadi masalah, namun jika tidak ada, trader harus mematikan tombol Auto Trading secara manual sebelum jam berita dirilis untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

2) kesalahan trader dalam menggunakan robot biasanya memasang lot awal yang terlalu besar di setting parameternya, dimana lot awal tersebut besarnya tidak sebanding dengan modalnya, atau juga melakukan deposit awal yang terlalu kecil dari yang disyaratkan oleh pencipta robot, apalagi jika robotnya menggunakan strategi martingale yang menyebabkan OP yang kedua dan seterusnya semakin membesar, akibatnya margin call segera menghampiri.

3) trading dengan mengunakan robot biasanya memerlukan koneksi internet yang stabil dan ketersediaan listrik yang kontinyu (tidak pernah mati lampu), hal ini dikarenakan robot perlu hidup terus, namun hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan menyewa VPS, namun meskipun sewa VPS, kesalahan teknis di luar kemampuan manusia bisa saja masih ada misalnya restart server, oleh karena itu, memantau robot secara rutin masih tetap diperlukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

4) robot tidak bisa dipasang di MT4 versi smartphone (android atau IOS), robot hanya bisa dipasang di MT4 versi windows di laptop atau komputer, oleh karena itu, jika kita trading dengan menggunakan smartphone, kita masih perlu melengkapinya dengan laptop atau komputer, smartphone dapat difungsikan sebagai alat pantau robot saja, atau dijadikan trading tambahan secara manual.

Setelah kita mengetahui keunggulan dan kelemahan, jika kita sudah yakin trading dengan menggunakan robot, atau mungkin ingin mencoba robot terlebih dahulu, selanjutnya bagaimana cara memasangnya di MT4. Berikut 7 (tujuh) langkah memasang robot di MT4:

  • Siapkan file robot untuk MT4. Simpan terlebih dahulu file robot di hardisk. Idealnya terdapat 2 (dua) buah file, yaitu file yang berekstensi EX4 dan MQ4, MQ4 adalah file dasar yang dapat kita modifikasi melalui MQL Editor yang tersedia di MT4, jika kita memiliki file ini, kita bisa memodifikasinya sebelum dipakai, sedangkan EX4 adalah hasil kompilasi dari file MQ4 (robot yang sudah jadi), jadi file ini tidak dapat dimodifikasi. MT4 menerima kedua file tersebut atau juga menerima salah satunya saja, jika kita hanya memiliki file MQ4, MQL Editor akan memprosesnya menjadi EX4, jika kita hanya memiliki file EX4, file tersebut langsung bisa dipakai di MT4 setelah kita copy-kan di MQL Editor.
  • Copy kedua file tersebut. Dalam hal ini kita contohkan memiliki 2 (dua) buah file MQ4 dan EX4 yaitu robot dengan nama Money Machine. Caranya buka File Explorer, cari lokasi robotnya, sorot kedua file tersebut dengan cara tekan control (ctrl) dan jangan dilepas, selanjutnya klik satu persatu kedua file tersebut, jika keduanya telah tersorot, kemudian lepas tombol ctrl, kemudian klik kanan dan copy. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Copy EA

 

  • Buka aplikasi MT4. Selanjutnya kita buka aplikasi MT4 terlebih dahulu, kemudian buka MQL Editor melalui klik Tools >> MetaQuotes Language Editor seperti ilustrasi berikut :

Open MQL Editor

  • Copy file robot di MetaEditor. Ketika kita klik MetaQuotes Language Editor diatas, kita akan diarahkan ke aplikasi MetaEditor. Selanjutnya di Navigator sebelah kiri, sorot folder Experts, kemudian klik kanan, dan klik Open Folder. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Open Experts Folder

  • Paste file robot di folder Experts. Ketika kita klik Open Folder Experts di MetaEditor, Selanjutnya kita akan diarahkan ke folder tersebut. Ketika folder sudah terbuka, klik kanan di ruang yang kosong, kemudian paste. Jika kedua file robot sudah ada, berarti file tersebut sudah tercopy. Selanjutnya aplikasi MetaEditor bisa ditutup. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Paste EA

  • Refresh folder Expert Advisors di Navigator MT4. Setelah melakukan paste di folder Experts di MetaEditor, selanjutnya kita kembali ke aplikasi MT4. Aktifkan Navigator dengan cara klik View >> Navigator, lalu di jendela Navigator sebelah kiri chart, klik kanan root Expert Advisors dan pilih refresh, maka robot yang sudah kita copy akan muncul. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Refresh EA

  • Insert robot baru kita ke dalam Chart. Jika telah melakukan refresh di root Expert Advisors diatas dan robot baru kita sudah muncul, selanjutnya geser (drag) robot tersebut kedalam chart. Catatan, sebelum robot tersebut digeser (drag) kedalam chart, aktifkan dulu tombol Auto Trading, posisi tombol ini dibawah menu Help. Setelah robot digeser ke chart, selanjutnya kita akan diarahkan ke setting robot, jika kita ikut setting default dari pencipta robot, langsung klik OK, namun jika kita ingin setting sendiri, silahkan rubah angka-angkanya. Jika telah muncul emoticon tersenyum di pojok kanan atas, berarti robot telah aktif, namun jika muncul emoticon sedih, berarti Auto Trading tidak aktif atau setting robot belum terpasang dengan benar. Ilustrasi seperti gambar berikut :

Tampilan EA

Jika kita ingin merubah setting parameter ketika robot sedang berjalan, silahkan klik kanan di chart, lalu pilih Expert Advisors, kemudian Properties. Jika kita ingin menghapus robot yang sedang aktif, pastikan dulu tombol Auto Trading sedang non aktif, kemudian klik kanan di Chart, lalu pilih Expert Advisors, kemudian Remove, maka robot akan hilang di chart namun sebenarnya masih ada di MT4 kita, jika sewaktu-waktu ingin kita gunakan lagi, geser (drag) lagi robotnya di jendela Navigator ke dalam chart. Ilustrasi Properties dan Remove diatas seperti gambar berikut :

Remove EA

Penting untuk dicatat!! jika kita tidak sabar ingin merasakan trading robot dengan data chart yang sedang berjalan (forward test) namun masih belum mampu mengetes kemampuan robot dengan data chart mundur (back test), disarankan menggunakan akun demo dulu, karena trading dengan robot perlu pengujian khusus (back test) sebelum diterapkan di akun riil, kita perlu menguasai setting parameter dengan pair yang pas agar tahu berapa kemungkinan kerugian terbesar (drawdown), dikhawatirkan jika langsung diterapkan di chart yang sedang berjalan (forward test) apalagi di akun riil akan mengalami floating minus berkepanjangan yang ujung-ujungnya terkena margin call.

Demikian cara memasang robot di MT4, semoga bisa membantu.

Kembali ke Beranda

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s