Cara Membaca Indikator Parabolic SAR

parabolic-sar

Indikator Parabolic SAR merupakan salah satu indikator populer yang banyak digunakan oleh trader, terutama scalper trader, karena keunggulan dari indikator ini dapat menentukan kapan suatu trend itu akan berhenti, baik berhenti sementara maupun berhenti tidak sementara karena akan balik arah. Indikator ini sering dijadikan entry point membuka posisi. Indikator ini berbentuk titik-titik diatas dan dibawah candle dimana default setting MT4 dengan parameter step 0.02 maximum 0.2. Secara sederhana, jika titik SAR berada di bawah merupakan signal buy, sedangkan jika di atas merupakan signal sell. Namun signal ini tidak selamanya tepat, lalu bagaimana cara yang tepat dalam membacanya ?

Menurut penulis, setidaknya ada 5 (lima) cara yang tepat dalam membaca indikator Parabolic SAR dengan berbagai kondisi yaitu :

  • Amati formasi titik-titik, jika melengkung keatas ada indikasi trend naik atau jika melengkung kebawah ada indikasi turun, namun jika formasi titik-titik cenderung datar atau lurus justru ada indikasi sebaliknya. Ilustrasi seperti gambar berikut :

SAR-lengkung

  • Usahakan tidak membuka posisi ketika di titik kesatu karena terkadang belum tentu ada trend baru, usahakan di titik kedua atau ketiga, dan seringlah melihat konfirmasi dari timeframe yang lebih tinggi. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

SAR-kedua

  • Alangkah baiknya jika dikombinasikan dengan indikator Bolinger Band, karena terkadang ketika telah menyentuh pita atas atau pita bawah tiba-tiba berbalik arah, pahami juga cara membaca indikator Bolinger Band, seperti ilustrasi berikut :

SAR-dengan-BB

  • Alangkah baiknya juga jika dikombinasikan dengan garis Pivot Point harian karena terkadang jika telah menyentuh suatu garis tertentu tiba-tiba berhenti dan balik arah meskipun formasi titik SAR terkorfirmasi, seperti gambar berikut :

SAR-dengan-PP

  • Sebagai pelengkap, alangkah baiknya juga dilengkapi dengan indikator Stochastic Oscillator untuk melihat apakah terkorfirmasi adanya trend baru atau pembalikan. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

SAR-dengan-stochastic

Demikian cara membaca indikator Parabolic SAR, semoga bisa membantu.

Kembali ke Beranda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s