Cara Menentukan Stop Loss Order

stop-loss-order-forexAdalah masalah klasik bagi trader ketika OP (open position) mengalami floating minus yang semakin lama semakin besar, apalagi membuka posisi dengan lot yang terlalu besar, ujung-ujungnya terkena MC (margin call) dan dana berangsur-angsur habis, hal ini dikarenakan OP dibiarkan terbuka tanpa dipasang SL (stop loss).  Hal ini ibarat mengendarai kendaraan tanpa sabuk pengaman atau helm, memasang lot besar ibarat menancapkan gas yang kencang, ketika terjadi kecelakaan akibatnya fatal.

Ketika trader telah mengalami MC dan melakukan deposit untuk trading lagi, selanjutnya mulai hati-hati agar bagaimana tidak terkena MC lagi, Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara menentukan SL, berapa pips yang ideal, dan apa acuannya? Ada beberapa cara dalam menentukan SL (dengan asumsi trading jangka pendek) :

  • Dengan cara sederhana yaitu menggunakan jumlah pips tertentu, misalnya 100 pips, SL ini dipasang setelah trader membuka posisi baik buy maupun sell, yaitu dengan mengurangi 100 pips dari harga OP jika buy, atau menambah 100 pips jika OP sell. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

TP-SL 100 Pips

  • Dengan mengacu pada garis support dan resistance, cara ini dipakai bagi trader yang telah menggunakan garis Pivot Point (PP) harian, jika misalnya harga EU (eurusd) sedang naik dari garis PP menuju Resistance 1 (R1), SL bisa dipasang di garis S1 dan TP bisa dipasang di garis R1. Ilustrasi seperti gambar berikut :

TP-SL R1-S1

  • Dengan mengacu pada garis Fibonacci Retracement yang dibuat oleh trader, misalnya jika menggunakan garis standar 0, 23.6, 38.2, 50, 61.8, 76.4, 100, ketika harga EU sedang naik dari garis 38.2, SL dipasang di garis 50.0 dan TP dipasang di garis 23.6. Ilustrasi seperti gambar berikut :

TP-SL 23.5-50.0

  • Dengan mengacu pada indikator Average True Range (ATR), ATR adalah rata-rata pergerakan pips suatu pair dalam periode tertentu, standar bawaan MT4 menggunakan periode 14, beda TF (time frame) beda pula angka ATR yang dihasilkan, misalnya pair EU di TF M30 tertera angka ATR 0.0013, ini artinya pergerakan pips di TF M30 saat itu adalah 130 pips, pips ini bisa dijadikan acuan menentukan SL maupun TP. Jika dirasa pips terlalu kecil bisa dikalikan, misalnya 2 atau 3 dan seterusnya. Ilustrasi seperti gambar berikut :

TP-SL ATR

Demikian cara menentukan SL (stop loss), semoga bisa membantu.

Kembali ke Beranda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s