Cara Sederhana Membaca Arah Trend

trend-lines

Trend market merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia forex karena dapat dijadikan dasar bagi trader sebelum OP. Trend market merupakan indikasi pergerakan suatu harga dalam rentang waktu (timeframe) tertentu. Dalam rentang waktu tersebut jika ditarik suatu garis besar, umumnya harga bergerak dalam satu arah. Jika garis cenderung keatas berarti trend harga sedang naik, dari acuan ini bisa dijadikan dasar untuk OP buy, dan sebaliknya. Dalam membaca arah trend suatu pair di MT4, pada dasarnya kita bisa menggunakan cara sederhana, yaitu dengan cara menarik garis trend. Berikut ini beberapa cara yang dapat diterapkan berikut analisisnya. 

  • Aktifkan timeframe minimal H1 dan zoom kecil. Sebagai tambahan aktifkan juga period separators agar kita bisa melihat pergerakan harga antar hari. Untuk mengaktifkan period separators ini dengan cara klik kanan di chart, klik properties, klik jendela common, centang show period separators dan klik OK. Jika sudah melakukan tahap ini, klik tombol Draw equidistant channel, atau Insert >> Channels >> Equidistant. Garis ini terdiri dari 2 (dua) buah yang memiliki arah yang sama. Ilustrasinya seperti gambar berikut di pair EU :

show-equidistant-channel

  • Tarik garis miring di chart dari kiri ke kanan sesuai arah trend. Pada chart EU di timeframe H1 kali ini terlihat trend naik sehingga perlu ditarik garis miring dari bawah keatas, jika trend turun, tarik garis miring dari atas ke bawah. Kemudian klik 2x di garis tersebut untuk mengaktifkan titik-titik untuk mengedit posisi garis, saat titik-titik tersebut diarahkan ke ujung sumbu suatu candle, maka akan menempel dengan sendirinya. Ilustrasinya seperti gambar berikut :

titik-edit-trendline

support-resistence-trendline

support-resistence-trendline2

  • Dari kedua garis trend diatas diperoleh garis trend support dan resistance. Terlihat candle di timeframe H1 ini telah mengalami 3 (tiga) kali berpijak di garis support, dan di pijakan support yang kedua nampak mulai melemah karena tidak mampu mencapai garis resistance (garis atas). Hal ini mengindikasikan tekanan naiknya mulai melemah. Untuk memastikan hal ini, kita perlu melihat timeframe yang lebih tinggi yaitu H4. Ilustrasinya seperti gambar berikut ini :

support-resistance-trendline-h4

  • Dari gambar timeframe H4 diatas terlihat bahwa candle telah tembus kebawah garis trendline, hal ini mengindikasikan bahwa trend naik mulai melemah. Kembali ke timeframe H1, jika beberapa jam berikutnya candle ditutup tembus ke bawah garis support, maka diprediksi akan kembali melemah, dan mari kita tunggu beberapa jam kemudian bagaimana hasilnya, apakah akan kembali melemah atau sebaliknya, hasilnya seperti ilustrasi berikut :

breaking-support-trendline

  • Dari gambar EU timeframe H1 diatas dapat dilihat bahwa sejak sesi eropa dibuka, candle telah menembus garis support trendline, dan sesi amerika hari berikutnya candle mencoba menembus garis support trendline lagi. Apalagi juga didukung dengan divergence pada indikator stochastic oscillator (lihat garis biru) yang mendukung pair EU ini kembali melemah pada hari itu.

Namun perlu dicatat bahwa membaca trend dengan cara seperti ini merupakan cara sederhana, masih perlu memperhatikan faktor-faktor lain. Berikut tips tambahan dalam membaca arah trend :

  • Membaca arah trend seperti ini adalah analisa dasar, disarankan untuk melengkapi dengan analisa lain berdasarkan indikator penting lainnya misalnya Pivot Point, Bolinger Band, Parabolic SAR, Stochastic Oscillator, MACD dan RSI.
  • Khusus hari senen, jika harga dibuka lebih tinggi dari harga penutupan hari jumat, ada kemungkinan hari senen ditutup menguat (naik), begitu juga sebaliknya, kecuali jika di hari senen ada news fundamental besar yang membalikkan trend.
  • Analisa ini adalah murni analisa teknikal. Disarankan tetap memperhatikan faktor fundamental yaitu jam berapa news fundamental akan dirilis, dan disarankan pula selalu memasang SL setiap OP terutama mendekati news dirilis.

Demikian cara sederhana membaca arah trend, semoga bisa membantu.

Kembali ke Beranda

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan

2 pemikiran pada “Cara Sederhana Membaca Arah Trend

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s