Cara Menggandakan MetaTrader 4

metatrader4

Bagi seorang trader yang bukan newbie lagi, dalam perkembangan tradingnya biasanya mulai mencoba memilih berbagai jenis akun dari satu broker, tujuannya terkadang untuk membandingkan sebaran (spread) mana yang menguntungkan sesuai dengan gaya tradingnya agar diperoleh profit yang maksimal. Ada juga tujuan lain untuk manajemen resiko yaitu dengan maksud satu akun trading untuk satu jenis pair, bahkan ada juga satu akun untuk trading manual sedangkan akun lain untuk trading dengan robot (expert advisor). Namun ketika trader telah membuka bermacam jenis akun dari satu broker, biasanya akan menjumpai ketidakpraktisan ketika hendak membuka akun-akun tersebut karena harus logout terlebih dahulu sebelum login ke akun lainnya.  Ada sebagian broker yang mencoba meminimalisasi kekurangan ini yaitu dengan menyediakan aplikasi Multi terminal, namun aplikasi tersebut masih ada kelemahan yaitu tidak tersedianya chart di aplikasi tersebut. Keinginan trader biasanya menginginkan berbagai macam akun dari satu broker bisa dibuka secara bersamaan dengan menampilkan masing-masing chart sendiri-sendiri. Jalan keluar biasanya trader tersebut mencoba membuka akun baru tapi dari broker lain. Namun berbeda broker beda pula sistemnya, perbedaan sistem ini biasanya menjadi tidak nyaman terutama ketika seorang trader sudah terlanjur cocok dengan satu broker saja. Sebenarnya ada cara praktis untuk mengatasi hal ini yaitu trader harus menggandakan sendiri aplikasi MT4 tersebut dari satu broker, namun penggandaan ini hanya bisa dilakukan di aplikasi MT4 versi windows.

Cara menggandakannya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya (asumsi menggunakan Windows 10)  :

1. Menggandakan MetaTrader 4

  • Buka Windows Explorer, masuk ke Local Disk C, masuk ke Program Files (x86) jika Windows anda 64 bit atau Program Files saja jika Windows anda 32 bit.
  • Cari aplikasi MetaTrader 4, dalam hal ini kita contohkan menggunakan broker FBS, aplikasi MT4 milik FBS bernama FBS Trader 4
  • Klik kanan folder FBS Trader 4 dan klik copy. Ilustrasinya seperti berikut ini :

copy-mt4

  • Masuklah ke folder lain, kita bebas memilih folder apa saja yang penting tidak di folder Program Files karena di folder Program Files itu sudah ada aplikasi MetaTrader yang asli agar yang asli tidak terganggu.
  • Contohnya ke Drive C, kemudian klik kanan dan paste. Dalam proses Paste jika menjumpai kotak dialog untuk memilih Continue, Skip atau Cancel, pilih Continue saja, kotak dialog tersebut muncul jika login ke windows bukan sebagai administrator, disarankan login sebagai administrator agar proses lancar, atau bisa juga dialog itu muncul karena ada warning dari AntiVirus yang sedang aktif.
  • Rubah nama folder FBS Trader 4 tersebut agar tidak sama dengan aplikasi MT4 yang asli, misalnya kita rubah menjadi FBS Trader 4a.
  • Kembalikan copy folder FBS Trader 4a tersebut ke folder Program Files dengan cara klik kanan dan Cut. Ilustrasinya seperti berikut ini :

move-mt4

  • Masuk lagi ke folder Program Files tempat aplikasi FBS Trader 4 tadi, kemudian klik kanan dan klik paste. Ilustrasinya seperti berikut ini :

paste-mt4

2. Membuat Shortcut

  • Masuk ke tampilan depan Desktop windows anda, klik kanan, klik New dan klik Shortcut. Ilustrasinya seperti berikut ini :

create-shortcut1

  • Klik browse dan cari folder FBS MetaTrader 4a di Program Files tadi.
  • Cari file terminal.exe, di folder tersebut biasanya terdapat 2 (dua) buah file bernama terminal, tapi pilih yang bukan berlogo broker, yang bukan berlogo broker adalah file berekstensi exe, sedangkan yang berlogo adalah file icon. Kemudian klik OK dan next. Ilustrasinya seperti berikut ini :

create-shortcut2

  • Kemudian di kotak dialog Create Shortcut, ganti nama shortcut sesuai selera anda, misalnya diberi nama FBS Standard, kemudian klik Finish. Ilustrasinya seperti berikut ini :

create-shortcut3

  • Icon aplikasi MT4 yang baru sudah jadi, selanjutnya untuk memperindah tampilan, ganti  tampilan icon sesuai jenis brokernya dengan cara klik kanan di icon tersebut dan klik Properties, klik Change Icon, klik Browse, dan cari folder FBS MetaTrader  4a di Program Files tadi. Ilustrasinya seperti berikut ini :

change-icon-shortcut1

change-icon-shortcut2

  • Pilih file terminal.ico, biasanya file ini berlogo broker, jangan pilih terminal.exe lagi, kemudian klik Open, OK, Apply dan OK lagi. Ilustrasinya seperti berikut ini :

change-icon-shortcut3

  • Penggandaan aplikasi MT4 dan pembuatan icon di desktop sudah selesai, selanjutnya buka aplikasi tersebut dengan cara klik 2 (dua) kali icon tersebut. Saat aplikasi MT4 sudah terbuka, pilih server sesuai jenis akun anda, masukkan nomer akun dan password dan klik Finish. Ilustrasinya seperti berikut ini :

new-mt4

Lakukan hal yang sama dari awal diatas jika anda memiliki lebih dari 2 (dua) jenis akun dari satu broker dengan nama folder yang berbeda-beda di Program Files. Semua aplikasi MT4 dari satu broker diatas bisa dibuka secara bersamaan selama komputer dan koneksi internet anda memadai.

Demikian cara menggandakan aplikasi MetaTrader 4 dari satu broker, semoga bisa membantu.

Iklan

2 pemikiran pada “Cara Menggandakan MetaTrader 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s